0
Dikirim pada 05 Maret 2015 di Berita Terbaru

 

Liputan6.com, Jakarta - Demam batu akik dan batu giok di Indonesia tidak terlepas dari banjirnya permintaan hingga ke mancanegara. Warga mulai berburu dan beralih menjadi penambang batu akik karena mendulang keuntungan besar.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), AA Gede Ngurah Puspayoga mengungkapkan, fenomena batu akik semakin menggegerkan karena masyarakat Indonesia sudah menyukai batu akik sejak dulu.

"Sekarang booming karena masyarakat luar negeri tertarik dengan batu Indonesia. Contohnya Taiwan dan Korea sangat suka batu akik Bacan, serta batu giok Solar Aceh," ujar dia usai Rakor Kredit Usaha Rakyat (KUR), Jakarta, Selasa (3/3/2015).

batu akik sulaimanharga batu akik sulaimanbatu akik sulaiman 2015manfaat batu akik sulaimankhasiat batu akik sulaimanmacam maca batu akik sulaimanjenis jenis batu akik sulaiman

Kata Puspayoga, usaha batu akik dan batu giok saat ini mulai menjamur. Komoditas ini bisa dianggap sebagai ekonomi kerakyatan yang mampu mengangkat pendapatan warga maupun daerah. http://batuakikterbaru.blogspot.com/

Dia mengimbau kepada pemerintah daerah (pemda) agar berhati-hati untuk menerbitkan izin usaha tambang bagi penambang batu akik maupun batu giok.

"Ini warisan budaya, tapi membangun ekonomi kerakyatan jangan sampai merusak lingkungan. Makanya saya bilang Pemda agar hati-hati memberi izin tambang supaya lingkungan nggak rusak. Kita harus bangga pakai batu alam sendiri," ucap Puspayoga. (Fik/Ndw)

jenis jenis batu akikmacam macam batu akikbatu akik termahalbatu akik terpopulerbatu akik 2015



Dikirim pada 05 Maret 2015 di Berita Terbaru
comments powered by Disqus


connect with ABATASA