0
Dikirim pada 20 Juni 2015 di Berita Terbaru

 

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, trafik jaringan telekomunikasi selama masa Ramadhan dan Lebaran akan meningkat. Untuk menghadapi tantangan itu, operator seluler CDMA sudah melakukan berbagai persiapan.

Anak usaha Sinar Mas ini melakukan berbagai persiapan, salah satunya adalah dengan meningkatkan kualitas atau optimalisasi jaringan.

Terkait peningkatan kualitas jaringan, Smartfren mengoptimalkan infrastruktur pada titik-titik lokasi yang diperkirakan akan ramai dikunjungi. Kapasitas jaringan ditingkatkan hingga 40 persen, sementara ketersediaan dan reliability jaringan dimaksimalkan hingga level 99,85 persen.

Jumlah kapasitas tersebut jauh lebih tinggi dari dugaan lonjakan trafik selama masa Lebaran. Smartfren memprediksi akan adanya lonjakan antara 6 hingga 8 persen di Pulau Sumatera dan antara 10 hingga 14 persen di Pulau Jawa.

"Itupun tidak di Jakarta. Lonjakan akan terjadi dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Bali. Pada masa Lebaran, kebanyakan orang mudik ke daerah tersebut, sehingga Jakarta biasanya sepi," kata Munir Syahda Prabowo, VP Network Smartfren Network, di sela-sela acara uji jaringan 4G Smartfren di Bali, Kamis (18/6/2015).

dp bbm takbirandp bbm takbiran bergerakdp bbm takbiran lucudp bbm takbiran terbarudp bbm takbiran gifdp bbm takbiran unikdp bbm takbiran 2015dp bbm takbiran lebarandp bbm takbiran hari raya

Selain optimalisasi jaringan, Smarfren mengaktifkan tujuh regional office yaitu di Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Malang.

Semua kantor tersebut akan beroperasi penuh setiap hari untuk memantau jaringan milik Smartfren. "Kita siapkan monitoring 24 x 7," ujar Munir.

Kesiapan Smartfren di puncak Lebaran 2015 diperkuat 800 staff yang dilengkapi kendaraan operasional dan siap bergerak ketika terjadi gangguan jarngan.

Perangkat yang dikerahkan nantinya mencakup lebih dari 120 Equipment Management Systems (EMS) yang dioperasikan di semua kantor regional.

Untuk kendali operasional penanganan jaringan, secara keseluruhan ditangani oleh Network Operations Center yang ada di Jakarta dan Surabaya.

Saat ini, Smartfren memiliki lebih dari 12 juta pelanggan di seluruh Indonesia, mulai dari Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Saat ini, operator seluler ini masih menggelar jaringan EVDO Rev B (setara 3G).

Smartfren sendiri sudah berencana untuk menghadirkan jaringan 4G LTE di Indonesia. Rencana tersebut dijadwalkan untuk terwujud pada semester kedua tahun 2015 ini juga.

meme lucugambar memememe komikgambar meme lucumeme lucu terbarumeme lucu 2015gambar meme 2015meme kerenmeme gokilgambar meme kerengambar meme terbarumeme lucu terbaru



Dikirim pada 20 Juni 2015 di Berita Terbaru
comments powered by Disqus


connect with ABATASA