0
Dikirim pada 05 Februari 2016 di Berita Terbaru

Layanan 4G LTE Smartfren Gunakan Teknologi FDD & TDD

JAKARTA - Smartfren telah menghadirkan jaringan teknologi 4G. Tak tanggung-tanggung, perusahaan menyiapkan jaringan Smartfren 4G LTE Advanced, di mana operator menggunakan dua teknologi sekaligus.

VP Special Project Network Smartfren, Munir Syahda Prabowo mengatakan, teknologi 4G LTE yang akan digunakan Smarftren ialah dengan menggabungkan teknologi FDD (Frequency Division Duplex) dan TDD (Time Division Duplex).

"Kami akan menggunakan teknologi ini untuk meningkatkan broadband ekosistem 4G di Tanah Air, agar koneksinya lebih stabil dengan terus mengoptimalisasi jaringan dengan cepat, karena kita menggunakan teknologi terbaru FDD dan TDD," ujarnya dalam Media Update Smartfren 4G LTE Network di Jakarta, Senin (25/1/2016).

Munir menjelaskan, teknologi FDD ini berjalan di frekuensi 850 MHz dan teknologi TDD di frekuensi 2.300 MHz. Untuk menjalankan teknologi Smartfren ini, perusahaan sudah siap dan menunggu vendor saja dalam menyiapkan perangkat untuk menggunakan spektrum ini.

"Penggunaan dua teknologi ini memberikan keunggulan layanan 4G LTE Smartfren, benefitnya sendiri pada teknologi FDD memberikan jangkauan lebih luas, sementara TDD menghasilkan kapasitas download atau akses internet menjadi sangat cepat," ungkapnya.

Penggabungan dua teknologi 4G LTE ini, lanjut dia akan menjadikan Smartfren sebagai operator 4G LTE pertama di dunia yang menggabungkan FDD dan TDD secara bersamaan.

"Sementara operator 4G tetangga lainnya yang ada di Indonesia hanya mengaplikasikan satu platfrom teknologi 4G LTE saja," imbuhnya.

Kata Munir, Smartfren merupakan operator pertama di Indonesia yang menerapkan 4G LTE Advanced, yang telah sukses melakukan uji coba dan implementasi 2 carrier Aggregation 4G (CA) di band TDD 2.300 Mhz yang menghasilkan kecepatan unduh internet yang tinggi saat ini dan bisa dinikmati oleh semua pelanggan.

"Teknologi Carrier Aggregation (CA) ini akan memungkinkan sebuah perangkat melakukan koneksi menggunakan dua kanal (carrier) sekaligus ke satu BTS atau lebih dalam satu cakupan frekuensi (FDD atau TDD) dan pengaplikasikan CA akan maksimal jika menggunakan smartphone atau perangkat yang mumpuni," tambah dia.

Menurutnya, saat ini hanya perangkat yang memiliki spesifikasi tertentu yang bisa menikmati internet kecepatan tinggi yang dihasilkan CA.

"Perangkat tersebut minimal harus memiliki spesifikasi 4G LTE Cat 6 dan saat ini masih sangat terbatas. Semoga saja di 2016 ini perangkat-perangkatnya sudah semakin banyak guna mendukung teknologi 4G LTE Advanced yang lebih baik lagi," pungkas Munir dalam kesempatan yang sama. dp bbm terbarudp bbm cintadp bbm sedihdp bbm galaudp bbm sakitdp bbm lucu bergerakdp bbm gifdp bbm lucu



Dikirim pada 05 Februari 2016 di Berita Terbaru
comments powered by Disqus


connect with ABATASA